SELAMAT DATANG

GURU SEJATI adalah tempatku belajar dari apa yang aku baca, aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, dan berbagi dengan sesama insan yang belajar. GURU SEJATI bukanlah aku atau diriku. GURU SEJATI adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.GURU SEJATI adalah proses belajar dan mencari jati diri.

Kamis, Juni 11, 2009

Menulis itu Gampang atau Susah?

Bagian ke-1


Benarkah menulis itu gampang?
Arswendo pernah menulis buku “Mengarang itu Gampang” — dalam kaitannya dengan penulisan buku, cerpen, dan sejenisnya. Tetapi bagi banyak orang termasuk aku, menulis adalah pekerjan yang sangat sulit. Apalagi jika yang ditulis adalah sesuatu yang harus mengikuti aturan, sesuatu yang harus ilmiah, sesuatu yang harus baku, sesuatu yang harus memberi pencerahan, sesuatu yang harus indah, sesuatu yang harus update, sesuatu yang harus berguna dan sesuatu yang harus lainnya. Pokoknya ketika aku akan menulis aku sering merasakan kesulitan. Setidaknya itulah yang aku sampai saat ini.

Aku mulai menulis
Beberapa bulan yang lalu, tepanya pada bulan April 2008 mulai menggunakan komputer pribadiku untuk akvitas browsing di internet. Aku menggunakan HP Sony Ericson K 310i milikku yang sebagai modemnya menggunakan yang dikoneksikan ke komputer menggunakan infrared. Maklumlah... aku tinggal di daerah pedsaan yang nggak ada jaringan telepon. Beruntung di dekat desaku ada menara telepon sehingga sinyalnya cukup kuat. Melalui bantuan seorang teman yang tahu tentang programing komputer, jadilah komputerku sebuah internet. Aku mulai senang melakukan browsing, download dan kopi paste beberapa artikel, opini, makalah dan info-info penting lainnya. Aku mulai mengenal makhluk yang bernama internet. Aku mulai gandrung dan jatuh cinta kepada internet.

Melalui internet aku mengenal seorang yang memotivasi aku untuk menulis. Dia adalah Solihin. melalui tulisannya dia banyak memberikan tips dalam menulis. Aku pun mulai merasakan getaran yang kuat dalam dadaku. Getaran itu bernama ”aku akan menulis”. Tetapi, apa yang akan kutulis, aku tidak tahu. Yang penting aku ingin menulis. Karena kata Solihin menulis itu gampang. Kemudian aku mencoba untuk menulis. Namun aku kembali menjumpai makhluk yang bernama menulis itu tidak gampang”. Jadi, omong kosong kalau menulis itu gampang. Aku nggak setuju dengan ungkapan bahwa menulis itu gampang. Aku hanya tahu bahwa setiap kali aku ingin menulis, aku selalu bingung memulainya. Harus dari mana aku memulai menulis. (Bersambung) U.S

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ayo donk... beri komentar, ya.. Makasih....