SELAMAT DATANG

GURU SEJATI adalah tempatku belajar dari apa yang aku baca, aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, dan berbagi dengan sesama insan yang belajar. GURU SEJATI bukanlah aku atau diriku. GURU SEJATI adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.GURU SEJATI adalah proses belajar dan mencari jati diri.

Sabtu, Januari 09, 2010

Apakah seorang pribadi yang dinamis itu?

Cobalah anda lehat sekeliling anda. Di dalam kantor tempat anda bekerja, di dalam toko, di sekitar tetangga anda, di tengah lingkungan keluarga anda, atau siapa saja yang berada di tempat apapun, yang bisa anda saksikan, yang mempunyai ciri antusias dan kreatif. Ia adalah orang yang paling berbahagia yang isa anda temukan. Anda akan melihat dia sebagai seorang pribadi yang dinamis.



  • Seorang pribadi yang dinamis itu subur dengan ide-ide, banyak memiliki gairah hidup  serta pandai memupuk bakatnya sendiri




  • Ia tak mau terpaku pikirannya hanya pada satu ide, projek, jalan pikiran atau filsafat hidup tertentu secara mutlak berlama-lama. Ia mau hidup dengan gaya yang bebas. Ia mau menikmati pelbagai macamprojek dalam hidupnya secara serentak. Semakin banyak masalah yang isa  hadapi, semakin senang ia memecahkannya. Ia tak mau menganggap kesulitan bagaikan lubang kubur yang patut ditakuti.
    Ia adalah orang yang senantiasa giat ,menerima tamu di hotel atau di restoran, orang yang selalu sibuk menulis di atas kertas, atau tukang  masak yang senantiasa mencari resep masakan baru, atau seorang wartawan yang mengajak istrinya menonton sandiwara, seorang akauntan yang mengajak seluruh anggota keluarganya pergi berkemah di pegunungan pada musim libur. Atau seorang istri yang berani bersorak sorai memberi dukungan kepada pertandingan yang ia tonton.



  • Seorang pribadi dinamis adalah seorang yang selalu ingin tahu




  • Ia selalu ingin tahu letak suatu persoalan "mengapa" demikian. Ia ingin tahu seluk beluk segala macam apa saja. Sekalipun hal itu bukan urusannya. Asal saja ia bisa mengetahui bagaimana sesuatu dibuat, dari bahan apa dibuatnya, siapa yang membuatnya, dan apa sebabnya ia bisa bergerak atau bermanfaat. Ia menghimpun berbagai fakta seperti juga orang-orang mengimpun perangko atau kalori.
    Ia tidak pernah merasa dirinya berkecukupan. Ia ingin belajar tentang bidang yang baru. Mempunyai minat terhadap bidang tertentu. Membaca  artikel yang baru dan buku-buku yang berguna. Menonton atau mendengarkan acara  yang istimewa melalui televisi atau radio.
    Ia sangat senang mempelajari suatu keterampilan yang baru, dan meninjau tempat-tempat yang baru. Ia ingin melakukan  sesuatu sedikitnya satu kali. Ia melihat kepada orang-orang sekelilingnya  dengan maksud melihat hal-hal apakah yang dapat ia pelajari dari mereka.
    Ia mendengar kepada orang-orang yang lebih pintar, bijaksana dan lebih tua pengalamannya dari dirinya sendiri sehingga ia bisa menarik pelajaran dari pengalaman mereka itu.



  • Seorang pribadi yang dinamis itu tidak bisa tinggal diam




  • Ada banyak sekali hal-hal yang bisa timbul dalam peikiran seseorang untuk bisa dikerjakan. Untuk itu ia harus bekerja giat agar bisa memetik hasil yang sepadan.
    Ia senang merobah, mengatur kembali, menggabungkan sesuatu yang baru. Ia menerima kegagalan maupun sukses itu sebagai seuatu yang bermanfaat untuk diambil kegunaannya berdasarkan ilmu pengetahuan.



  • Seorang yang dinamis melakukan pendekatan dengan cara yang polos dan sederhana




  • Ia sngat antusias terhadap segala sesuatu yang baru yang ingin ia dekati. Ia tak mau menolak sesuatu gagasan begitu saja. Ia bersedia menangani sendiri, merasakan, memikirkan, menanggulangi gagasan itu. Ia ingin mengawasi sendiri dan tidak mau menyerahkan begitu saja kepada orang lain. Jalan pikirannya senantiasa terbuka baik terhadap tukang jualan keliling, orang-orang terpelajar maupun rakya jelata. Atau terhadap anak-anak kecil sekalipun.


    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Ayo donk... beri komentar, ya.. Makasih....