SELAMAT DATANG

GURU SEJATI adalah tempatku belajar dari apa yang aku baca, aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, dan berbagi dengan sesama insan yang belajar. GURU SEJATI bukanlah aku atau diriku. GURU SEJATI adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.GURU SEJATI adalah proses belajar dan mencari jati diri.

Minggu, November 21, 2010

STRATEGI PEMBELAJARAN ESTAFET JAKARTA

ESTAFET JAwab KARtu perTAnyaan

Creative By: UNTUNG SUTIKNO, S.Pd.

Guru SDN Rungkang 02 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

2008


 

Pengantar

Belajar merupakan upaya membangun makna/pengertian/pemahaman terhadap pengalaman dan informasi yang dilakukan oleh si pembelajar, yang disaring melalui persepsi, pikiran dan perasaan. Sedangkan mengajar merupakan upaya menciptakan suasana yang mengembangkan inisiatif dan tanggung jawab belajar si pembelajar ke arah belajar seumur hidup.

Beberapa pernyataan tentang proses belajar mengajar yang dijalankan guru dewasa ini :

" … pesan yang tertangkap oleh pembelajar dalam pengalaman belajar-mengajar sangat tergantung pada bentuk kegiatan belajar yang dihayatinya" (Cf. Brophy dan Alleman, 1991; Gagne, 1997; Gagne dan Glaser, 1987, dalam Raka Joni, 1993).

"Pembaharuan dalam bidang pendidikan harus dimulai dari 'bagaimana anak belajar' dan 'bagaimana cara guru mengajar', bukan dari ketentuan-ketentuan hasil" (Brooks, 1999, hal.3 – 4)

" Di Indonesia, kemampuan cara mengajar di depan kelas inilah yang masih kurang dimiliki guru-guru. Padahal materi pelajaran dalam kurikulum yang dipelajari itu di mana-mana sama (J. Drost. Kompas: 4 Juni 2002)


 

Strategi pembelajaran estafet jakarta (jawab kartu pertanyaan) menggunakan pendekatan Pakem ( Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Strategi ini dapat diterapkan oleh guru baik di tingkat sekolah dasar maupun di tingkat menengah. Strategi estafet jakarta saya ciptakan untuk memberi kontribusi terhadap upaya melakukan pembaharuan proses belajar mengajar sebagaimana pernyataan-pernyataan di atas.


 

LANGKAH-LANGKAH ESTAFET JAKARTA


 

KEGIATAN AWAL

  1. Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru menyiapkan kartu bernomor sejumlah siswa untuk pengelompokkan siswa, misal (36 anak)
  2. Guru menyajikan materi atau bacaan.
  3. Setiap siswa diberi kartu/ kertas kosong.
  4. Setiap siswa ditugasi menuliskan sebuah pertanyaan pada kartu/ kertas kosong. Siswa diwajibkan mengerti jawaban / kunci jawaban dari pertanyaan yang dibuatnya.
  5. Setiap siswa diberi sebuah kartu bernomor yang telah disiapkan (seperti di atas).
  6. Selanjutnya seluruh siswa menuju ke halaman sekolah dan berkumpul membentuk kelompok sesuai kartu kelompok yang diterimanya.


 

BABAK PERTAMA

Berdasarkan kelompok abjad (kelompok A, B. C. D. E dan F). Kegiatan dilakukan di luar kelas secara serentak semua kelompok.

  1. Siswa berkelompok sesuai abjad pada kartu yang ia terima.
  2. Setiap siswa secara estafet, diawali dari siswa yang bernomor kartu 1 membacakan pertanyaan yang dibuatnya, siswa lain dalam kelompok menjawab secara estafet diawali dari nomor kartu 2, 3, 4, 5 dan 6.
  3. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar.
  4. Dilanjutkan siswa dengan nomor kartu 2 bertanya, siswa lainnya dalam satu kelompok menjawab secara estafet diawali dari nomor 3, 4, 5, 6, dan 1.
  5. Selanjutnya siswa dengan nomor kartu 3 bertanya, siswa lainnya dalam satu kelompok menjawab secara estafet diawali dari nomor 4, 5, 6, 1, 2 dan 3.
  6. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar
    1. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar. Demikian seterusnya sampai semua siswa menjadi penanya.


 

BABAK KEDUA


 

Berdasarkan Kelompok nomor kartu (kelompok 1, 2, 3, 4, 5 dan 6). Kegiatan ini dilakukan utnuk pemerataan jangkauan siswa terhadap kegiatan menJAwab KARtu perTAnyaan yang dibuat oleh siswa dari kelompok lain.

  1. Siswa berkelompok sesuai nomor pada kartu yang ia terima.
  2. Setiap siswa secara estafet diawali dari siswa huruf A membacakan pertanyaan yang dibuatnya, siswa B, C, D, E dan F dalam kelompok menjawab secara estafet/ berurutan. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar.
  3. Dilanjutkan siswa huruf B bertanya, siswa C, D, E, F dan A menjawab secara estafet. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar.
  4. Dilanjutkan siswa huruf C bertanya, siswa D, E, F, A dan B menjawab secara estafet. Setelah semua menjawab, siswa penanya menyampaikan jawaban yang benar. Demikian seterusnya sampai semua siswa menjadi penanya.


KEGIATAN AKHIR :

Di akhir kegiatan siswa diminta menuliskan semua pertanyaan dan jawaban yang diingatnya sebanyak mungkin secara berpasang-pasangan.

Salah seorang siswa menjadi penanya, siswa lainnya bergiliran menjawab. Selanjutnya guru mengevaluasi kegiatan siswa dengan memberi beberapa pertanyaan sesuai dengan topik pembahasannya.


 

Keunggulan strategi estafet jakarta:

  1. Strategi ini sangat efektif untuk melatih keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapatnya.
  2. Melatih kerjasama siswa dalam kelompok
  3. Melatih sportifitas siswa
  4. Siswa merasa senang dalam belajar. Lihat pernyataan siswa tentang etafet jakarta

Kelemahan strategi estafet jakarta:

  1. Pertanyaaan yang dibuat siswa sering homogen/ sama sehingga cakupan materi yang dikuasai siswa kurang berkembang.
  2. Siswa yang kurang mampu dalam membuat pertanyaan akan membingungkan siswa lainnya karena pertanyaan yang dibuatnya tidak jelas/ tidak terfokus pada permasalahan.
  3. Karena siswa diwajibkan memamahami jawaban dari pertanyaannya sendiri , maka siswa yang belum mendapat giliran bertanya lebih sering menghapalkan jawaban atas pertanyaan sendiri dari pada mendengarkan pertanyaan teman.


     


     

Catatan:

Strategi ini sudah beberapa kali diujicobakan pada saat pembelajaran, tetapi belum dilakukan penelitian terhadap strategi ini.

Tulisan ini saya persembahkan untuk seluruh rekan Guru . Semoga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Silakan dicoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ayo donk... beri komentar, ya.. Makasih....