SELAMAT DATANG

GURU SEJATI adalah tempatku belajar dari apa yang aku baca, aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, dan berbagi dengan sesama insan yang belajar. GURU SEJATI bukanlah aku atau diriku. GURU SEJATI adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.GURU SEJATI adalah proses belajar dan mencari jati diri.

Selasa, Agustus 09, 2011

TIPS MEMBUAT KEPUTUSAN TEPAT

t
Ontario (ANTARA News) - Setiap hari kita akan selalu dihadapkan dengan pembuatan keputusan, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Keputusan yang sederhana, sebagai contoh memilih warna busana yang akan anda pakai untuk bekerja hari ini. sementara keputusan yang kompleks dapat juga terjadi ketika menentukan sekolah apa yang akan dituju, memilih pasangan hidup, atau bahkan membeli rumah.

Laman Oprah menghadirkan petunjuk mengenai bagaimana membuat keputusan yang lebih baik seperti berikut ini :



Kenali Tujuan Anda

David Welch,PhD, profesor ilmu politik dari University of Waterloo,Ontario, sekaligus pengarang buku Decisions, Decisions: The Art of Effective Decision Making menjelaskan, "Orang yang tak bisa merefleksikan diri mereka akan berakhir dengan membuat keputusan yang buruk karena mereka tak benar-benar mengetahui apa yang mereka inginkan sebagai prioritas.

"Sebelum menginginkan sebuah pekerjaan yang baru, tanya diri anda : Apakah saya benar-benar menginginkan karir yang berbeda? Atau apakah saya menginginkan atasan yang berbeda? Janganlah membuat keputusan berdasarkan hanya pada persoalan yang keliru."

Buatlah sebuah Standar

Anda harus membuat sebuah daftar pilihan yang sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh, jika anda menginginkan untuk membeli sebuah kamera digital, buatlah catatan mengenai fasilitas apa saja yang anda akan gunakan dari kamera itu. Semua kamera yang sesuai dengan standar merupakan pilihan yang baik untuk anda. Abaikan hal-hal yang hanya demi kesenangan.

Jangan terburu - buru

Orang sering membuat keputusan yang buruk ketika mereka sedang mengalami stres. Ketika dihadapkan dengan pembuatan keputusan yang kompleks, gunakan otak untuk mengumpulkan informasi yang anda butuhkan, dan beristirahatlah.

Berjalanlah, lakukan meditasi setengah jam, tidur sebentar atau bahkan meminum minuman ringan.Tujuannya, memberikan pikiran agar semakin awas untuk bekerja. Pilihan yang anda buat setelah melakukan hal itu biasanya akan menjadi keputusan yang baik atau setidaknya masih bisa diterima.

Kurangi Pilihan

Jika mungkin, kurangi pilihan dengan menciptakan aturan bagi diri anda. Buatlah jadwal layaknya anda ingin pergi beryoga setiap pekan. Jangan minum lebih dari dua gelas anggur atau seperti pilihan anda tak mau membeli tisu toilet jika tidak dapat diskon.

Lakukan Evaluasi

Sekali keputusan dibuat, tanya diri anda bagaimana perasaan anda setelahnya dan pengalaman apa yang dapat anda peroleh.(yud)

Editor: AA Ariwibowo

1 komentar:

Ayo donk... beri komentar, ya.. Makasih....