SELAMAT DATANG

GURU SEJATI adalah tempatku belajar dari apa yang aku baca, aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, dan berbagi dengan sesama insan yang belajar. GURU SEJATI bukanlah aku atau diriku. GURU SEJATI adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.adalah semangatku dalam mengapai ilmu dan ridho-Nya.GURU SEJATI adalah proses belajar dan mencari jati diri.

Minggu, April 08, 2012

HIDUPKANLAH MESIN BERPIKIR ANDA, MAKA GAGASAN ANDA BERMUNCULAN.


Gunakan otak Anda bagaikan kincir angin
  • Bagaikan sebuah kincir angin  menyedot  sumber tenaga dari udara sekitarnya yang bergerak, maka Anda pun dapat menggiatkan otak Anda untuk menghimpun gagasan dari mana saja. Kemudian alihkanlah proses pemikiran Anda itu ke dalam kegiatan kerja yang nyata. Berusahalah mencapai kadar jumlah yang sebanyak mungkin lebih dahulu. Biarkanlah reaksi penuh daya cipta dalam diri Anda itu bekerja lebih giat dalam diri Anda untuk mencapai satu kesimpulan.
  • Bersiakaplah selalu ingin tahu. Berhenti sebentar, menengok , dan mendengarkan. Kemudian ajukanlah pertanyanyaan. Bersikaplah teliti. Jangan sampai Anda melewatkan sesuatu di lingkungan Anda tanpa dimanfaatkan. Temukanlah di mana letak kegiatan itu, kemudian himpunlah gagasan itu. Bersikaplah tahan uji . Jadikanlah pencetus gagasan itu sebagai projek yang memakan waktu penuh bagi Anda. Sediakahlah selalu kertas dan pensil di tangan atau di dalam tas Anda sehingga pada setiap saat Anda dapat mencatat gagasan-gagasan yang muncul sewaktu-waktu.
  • Terapkanlah gagasan Anda itu ke mana saja Anda pergi. Jangan tump[ukkan gagasan itu menjadi barang penghias map atau benda arsip semata. Mulailah Anda menghimpun  dan menerapkannya terhadap masalah-masalah yang Anda hadapi.

Pakailah sistim sedotan soda

Ada saatnya dimana metode kincir angin itu mungkin  terlampau luas dan umum sifatnya dalam bentuk informasi yang ia hasilkan. Sebab pada saat tertentu mungkin Anda memerlukan satu penanggulangan masalah yang khusus, sehingga Anda harus bertindak serba cepat. Apabila hal itu terjadi, maka sudah saatnya bagi Anda untuk memanfaatkan sistim tekanan udara. Pergunakanlah pikiran Anda laksana sebuah batang sedotan soda. Carilah atau buatlah sebuah wadah informasi yang dapat menghimpun segala macam kemungkinan untuk memecahkan suatu masalah khusus. Kemudian dari wadah itu Anda menyedot sejumlah gagasan yang Anda hirup sendiri dan mengolahnya menjadi taraf kepuasan Anda.
Ada beberapa cara yang dapat ditempuh :
  • Pelajari segala sesuatu tentang pokok persoalan. Anda hendaknya membaca buku sebanyak mungkin tentang pokok persoalan itu.
  • Berbincang-bincanglah dengan orang-orang  yang banyak menguasai pokok persoalan itu. Tanyakan gagasan mereka  itu. Perbincangkanlah tentang keberhasilan mereka dan sebab-sebab kegagalan mereka.
  • Buatlah percobaan-percobaan. Hendaklah Anda sendiri melakukan percobaan itu.
  • Gunakan apa yang telah Anda pelajari. Jangan Anda merasa puas diri hanya dengan menjadi seorang teoritikus. Kerjakanlah sendiri, sebab pengalaman itu senantiasa akan menjadi guru yang  terbaik bagi kita.
  • Perluaslah cakrawala minat Anda. Ada baiknya menjadi seorang spesialis, akan tetapi adalah lebih baik lagi bila Anda memperkaya diri dengan sejumlah minat lainnya sebagai tambahan.

Semoga bermanfaat..... salam dinamis

1 komentar:

Ayo donk... beri komentar, ya.. Makasih....